Pages

Sabtu, 09 Juni 2018

SITAGIS, APLIKASI INFORMASI SEPUTAR PILKADA SERENTAK 2018


Dalam rangka memberikan informasi seputar penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat membuat Aplikasi Sistem Informasi Terpadu dan Geographic Information System SITAGIS. Aplikasi ini merupakan karya cipta yang dihasilkan oleh pihak ITB (Institut Teknologi Bandung) dan KPU Provinsi Jawa Barat.

Anggota KPU Provinsi Jawa Barat Divisi Perencanaan dan Data, Ferdhiman P. Bariguna menuturkan bahwa SITAGIS ada untuk memberikan informasi bersifat terbuka yang berbasis TPS. Inovasi tersebut sebagai upaya untuk melakukan backup data informasi seputar Pilkada Serentak 2018 yang lebih akurat mulai lokasi, kebutuhan, kekurangan, jumlah pemilih serta yang lainnya.

Aplikasi tersebut pertama kali dibuat untuk penempatan titik koordinat TPS. Tujuannya yakni membuat peta digital untuk mengetahui lokasi keberadaan TPS. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan oleh petugas KPU saja, melainkan bisa digunakan oleh masyarakat umum dengan mengunduhnya di Google Playstore. Setelah selesai mengunduh, kemudian login dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Melalui SITAGIS, mayarakat dapat melihat dengan jelas informasi dan lokasi TPS yang berjumlah 3994 TPS di Kabupaten Bekasi, profil penyelenggara, serta dapat mengecek daftar pemilih. Tak hanya itu, masyarakat juga dapat mengetahui informasi mengenai proses pemungutan dan penghitungan suara serta hasil perolehan suara Pasangan Calon Pilgub Jabar 2018.

SITAGIS versi terbaru akan digunakan oleh Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada hari Pemungutan Suara, Rabu 27 Juni 2018. Anggota KPPS yang ditugaskan sebagai Operator SITAGIS akan mengunggah data sertifikat hasil dan rincian penghitungan perolehan suara di TPS yang ada dalam formulir model C1-KWK, mengunggah formulir C7-KWK berupa daftar hadir pemilih, dokumentasi C1 Plano dan dokumentasi penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Sehingga dalam waktu singkat, masyarakat dapat melihat hasil perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018 melalui Aplikasi SITAGIS tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar