Pages

Senin, 11 Juni 2018

"Proses Politik Akan Berhenti Jika Tak Ada Partisipasi Perempuan"

Sosialisasi Pilgub Jabar 2018 bersama Gabungan Organisasi Wanita tingkat Kabupaten Bekasi di RM. Saung Wulan - Tambun Selatan, Senin (11/6/2018).

Demokrasi mengamanatkan adanya persamaan akses dan peran serta penuh bagi laki-laki maupun perempuan atas dasar prinsip persamaan derajat, dalam semua wilayah dan tataran kehidupan publik, terutama dalam posisi-posisi pengambilan keputusan.

Melihat pentingnya peran perempuan dalam dunia politik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi  menyelenggarakan sosialisasi Pilgub Jabar 2018 bersama kaum perempuan, Senin (11/6/2018). Kegiatan yang diselenggarakan di RM. Saung Wulan – Tambun Selatan tersebut dihadiri sebanyak 50 perempuan dari Gabungan Organisasi Wanita tingkat Kabupaten Bekasi.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Holik mengatakan bahwa perempuan dipandang istimewa di negara ini. Proses politik akan berhenti jika tidak ada peran dan partisipasi perempuan.

Negara telah memberikan ruang yang luas dan ramah bagi kaum perempuan untuk berkiprah dalam politik termasuk menjadi pemimpin. Bahkan hal tersebut telah diperkuat dengan adanya penetapan kuota 30 % keterwakilan perempuan di parlemen pemerintah.

Adanya kuota 30 % keterwakilan perempuan dalam parlemen pemerintah adalah terbukanya kesempatan bagi perempuan untuk masuk dan membuat keputusan, dan untuk dapat membuat keputusan penting bagi Bangsa dan Negara.

Idham menambahkan, ada dua peran strategis yang dimiliki perempuan, yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Peran jangka pendeknya adalah ikut serta mensosialisasikan tahapan dan hari pemungutan suara Pilgub Jabar 2018. Sementara jangka panjangnya adalah dengan harapan perempuan dapat mendidik keluarganya untuk sadar dan terbuka dengan persoalan politik.

Pendidikan politik sejak dini juga dapat dilakukan oleh kaum perempuan/ibu-ibu kepada anak-anaknya. Bila perlu ajak anak-anak ke TPS dan kenalkan kepada anak-anak proses berdemokrasi. Sebab dalam konteks pembangunan SDM, rumah adalah tempat pendidikan yang terbaik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar